Sekilas tentang DNA

DNA adalah resep, skema, sistematika, manual, peta, cetak biru, rancangan, dan informasi biologis yang unik dari makhluk hidup. Persis seperti setiap bangunan gedung yang ada cetak birunya masing-masing.

Tidak hanya bentuk fisik makhluk hidup, tapi juga sifat, lewat keturunan.
Jadi sifat manusia bisa terbentuk dari 2 hal,
1. turunan genetik, lewat DNA dari orangtua kita.
2. unsur lingkungan.
Dan unsur yang satu bisa lebih dominan dari yang lain.

Semua orang di seluruh dunia ternyata adalah sama. Semua umat manusia, bule, asia, afrika, latin, punya 99% molekul DNA yang persis sama. Dan yang membuat perbedaan seperti warna kulit dan rambut, hanya berasal dari 1% perbedaan genetik saja.
Bahkan antara manusia dengan simpanse pun perbedaan genetiknya hanya 5 %

DNA, atau asam deoksiribonukleat, adalah materi herediter pada manusia dan hampir semua organisme lain. Hampir setiap sel dalam tubuh seseorang memiliki DNA yang sama. Sebagian besar DNA terletak di inti sel (tempat itu disebut DNA nuklir), tetapi sejumlah kecil DNA juga dapat ditemukan dalam mitokondria (tempat itu disebut DNA mitokondria atau mtDNA).

Informasi dalam DNA disimpan sebagai kode terdiri dari empat basis kimia: adenin (A), guanin (G), sitosin (C), dan timin (T). DNA manusia terdiri dari sekitar 3 miliar basis, dan lebih dari 99 persen dari mereka dasar adalah sama pada semua orang. Perintah, atau urutan, dari dasar tersebut menentukan informasi yang tersedia untuk membangun dan memelihara suatu organisme, mirip dengan cara di mana huruf abjad muncul dalam urutan tertentu untuk membentuk kata dan kalimat.

Basa DNA berpasangan dengan satu sama lain, A dengan T dan C dengan G, untuk membentuk unit yang disebut pasangan basa. Setiap dasar juga melekat pada sebuah molekul gula dan molekul fosfat. Bersama-sama, basis, gula, dan fosfat disebut nukleotida. Nukleotida disusun dalam dua helai panjang yang membentuk spiral yang disebut double helix. Struktur double helix agak seperti tangga, dengan pasangan basa yang membentuk anak tangga tangga dan gula dan molekul fosfat membentuk sidepieces vertikal tangga.

Properti penting dari DNA adalah bahwa hal itu dapat mereplikasi, atau membuat salinan dirinya. Setiap untai DNA dalam double helix dapat berfungsi sebagai pola untuk menduplikasi urutan basa. Hal ini sangat penting ketika sel-sel membagi karena masing-masing sel baru harus memiliki duplikat yang sama persis dari DNA pada sel tua.

About islamichere

just a weak person who wanna share goodness and little knowledge

Posted on 21/04/2011, in Aneka Info and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: