Relawan Italia Arrigoni yang tulus dan peduli dengan penderitaan rakyat Palestina

Puluhan aktivis Palestina dan warga Arab menggelar aksi solidaritas di depan Kedutaan Besar Italia di Berlin, Jerman, Rabu (20/4) malam. Mereka mengutuk pembunuhan relawan Italia, Vittorio Arrigoni, di Jalur Gaza pada 14 April yang disebut-sebut dilakukan oleh kelompok Salafi.

Para demonstran meminta Otoritas Palestina dan perwakilan Arab di Jerman dan di Italia mengusut tuntas pembunuhan tersebut. Ketika menggelar aksi di depan pintu gerbang kedutaan besar Italia, para demonstran juga menabur bunga dan meletakkan lilin di dekat serangkaian foto-foto  yang menunjukkan solidaritas para relawan ketika membantu Jalur Gaza yang diblokade.

Perwakilan demonstran menyampaikan sepucuk surat kepada Wakil Duta Besar Italia yang menyatakan bahwa warga Palestina di Berlin—diperkirakan sekitar 50 ribu jiwa—yang terguncang dengan tragedi yang menimpa Arrigoni. Mereka juga menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga Arrigoni.

Aktivis Palestina di Berlin, Anis Hamoud, mengatakan aksi Rabu malam itu mencerminkan kemarahan rakyat Palestina di tanah pendudukan maupun di bumi diaspora. “Pembunuhan terhadap seorang pria yang rela meninggalkan sanak keluarga dan hidupnya yang nyaman demi membantu warga Palestina di Gaza yang sakit dan kelaparan karena blokade, sungguh layak dikutuk,” ujarnya.

Peneliti Italia, Paula Manduka, yang baru-baru ini mengunjungi Jalur Gaza mengatakan kasus pembunuhan terhadap relawan Italia (Vittorio Arrigoni) tidak memengaruhi solidaritas rakyat Italia dan para aktivis perdamaian di dunia terhadap rakyat Palestina.

Pernyataan ini diungkapkan Manduka ketika bertemu dengan Menteri Kesehatan Palestina Bassem Naim. Dalam pertemuan dengan Manduka, Menteri Naim juga menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas nama pemerintah dan rakyat Palestina kepada keluarga Vittorio Arrigoni.

“Setiap orang yang mengasihi Palestina mengutuk tindakan pengecut dan biadab tersebut, karena tidak sesuai dengan adat dan tradisi rakyat Palestina,” kata Naim, sebagaimana dilansir situs Al-Markaz Al-Filistini Lil I’lam, Senin (25/4).

Sebelumnya, Naim pernah bertemu dengan Manduka, dalam sebuah diskusi tentang penyakit kelainan bawaan di Jalur Gaza. Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Direktur Umum Kerjasama Internasional, Muhammad Kashif dan Deputi Pemerintah Bidang Lingkungan Hidup, Awni Naim.

Pertemuan ini membahas dampak lingkungan akibat agresi Zionis di Jalur Gaza. Saat itu, Manduka menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama dan memberikan bantuan kepada Departemen Kesehatan Palestina, terutama dalam mengatasi dampak senjata kimia terlarang yang digunakan Zionis Israel ketika membombardir Gaza dua tahun lalu.

Kementerian Dalam Negeri dan Keamanan Nasional Palestina mengatakan bahwa investigasi kasus pembunuhan relawan Italia di Gaza, Vittorio Arrigoni, terus dilakukan.

“Aparat keamanan telah menangkap dua tersangka dan kini mereka ditahan guna kepentingan penyelidikan. Aparat keamanan juga akan terus mengejar sisa kelompok yang terlibat dalam pembunuhan itu,” demikian pernyataan kementerian tersebut, Sabtu (16/4).

Kepala Pemerintah Palestina di Gaza Ismail Haniyah menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan pencarian terhadap Arrigoni sejak saat pertama kali ia diculik. Bahkan ia juga mengeluarkan perintah tegas untuk menjamin pembebasannya sesegera mungkin.


“Namun pembunuhan ini menunjukkan bahwa para pelaku kejahatan tanpa menunggu gencatan senjata yang mereka deklarasikan, telah berniat melakukan pembunuhan berencana,” kata Haniyah.

Selama percakapan melalui sambungan telepon dengan ibu relawan Italia itu, Haniyah berjanji akan memburu semua pelaku dan membawa mereka ke pengadilan di Palestina secepat mungkin. Ia juga mengucapkan belasungkawa atas nama pemerintah dan rakyat Palestina kepada ibu korban, dan menekankan bahwa Gaza adalah tempat aman bagi semua warga dan tamu negara.

About islamichere

just a weak person who wanna share goodness and little knowledge

Posted on 25/04/2011, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: